logo

Benarkah Tokoh Wayang Pernah Hidup di Muka Bumi, Ini Penjelasannya

OIG3 (3)
Ilustrasi tokoh wayang Arjuna. (Mediaseruni)

MEDIASERUNI – Satu-satunya karya seni yang pernah sukses di muka bumi ini, barangkali wayang. Saking dahsyatnya penokohan pelakonnya, sampai-sampai terkesan tokoh-tokohnya pernah hidup layaknya manusia.

Fenomena ini pun terjadi. Sebagian orang atau kelompok bahkan praktisi spiritual tak luput dari fenomena ini, yang tumbuh dan mengalir secara alami akibat kedahsyatan watak para tokohnya.

Tokoh-tokoh dalam cerita wayang kulit memang memiliki penggambaran sifat yang berbeda-beda dan seringkali mewakili berbagai perwatakan yang ada dalam kehidupan manusia.

Baca Juga:  Keris Pusaka Majapahit Simbol Keanggunan dan Keindahan

Namun, perlu dicatat bahwa tokoh-tokoh dalam cerita wayang tidak pernah benar-benar hidup di muka bumi. Mereka adalah karakter fiksi yang muncul dalam wiracarita Ramayana dan Mahabharata, serta sering dipentaskan dalam pertunjukan wayang.

Yudhistira
Yudhistira adalah putra sulung Prabu Pandu Dewanata dan Dewi Kunti. Ia memiliki watak sabar, ikhlas, percaya atas kekuasaan Tuhan, taat dalam beragama, selalu bertindak adil, dan jujur.

Baca Juga:  Rahasia Dibalik Megahnya Keraton Kasepuhan Cirebon

Karena sifatnya yang sangat jujur, Yudhistira tidak bisa berdusta pada siapapun, baik kepada kawan maupun lawan. Ia juga tak pernah marah dan mengutamakan hidup yang damai.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566