logo

Filosofi Kembang Setaman Dalam Ritual Adat Jawa, Penjelasannya Begini

15f82a70-ddb7-42e5-bc6d-135cee8ea9d2
Ilustrasi kembang setaman. (Mediaseruni)

MEDIASERUNI – Indonesia, dengan keberagaman budaya dan adat istiadatnya, memiliki banyak ritual yang kaya akan nilai filosofis dan kesakralan. Salah satu properti penting dalam upacara adat Jawa adalah Kembang Setaman.

Meskipun jarang diketahui oleh banyak orang, Kembang Setaman memiliki makna yang mendalam dan menjadi bagian integral dari budaya Jawa.

Kembang Setaman adalah bunga-bunga yang digunakan sebagai pelengkap dalam  upacara adat Jawa. Bunga-bunga ini memiliki nilai simbolis dan spiritual yang tinggi bagi masyarakat Jawa.

Baca Juga:  BPS Jabar Memastikan Makanan Pendorong Inflasi di Jawa Barat

Kembang Setaman juga memiliki pandangan filosofis, yaitu sebagai harapan agar kebaikan para leluhur senantiasa tumbuh dan mewangi seiring berjalannya waktu.

Aroma bunga-bunga dalam Kembang Setaman diibaratkan seperti aroma yang begitu sedap, dan mengundang keinginan untuk merasakan aroma sedap dan keberkahan yang terkandung di dalamnya.

Makna Filosofis Kembang Setaman diartikan sebagai rasa hormat terhadap leluhur dan warisannya. Masyarakat Jawa juga mempercayai bahwa Kembang Setaman dapat dijadikan sarana untuk meminta izin kepada leluhur.

Baca Juga:  Geber Jamilah dan Si Jumbo Pemprov Wujudkan Jabar Sehat Sejahtera

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566