logo

Kisah Sabdo Palon dan Syeh Subakir Fakta atau Fiktif, Penjelasannya Begini

IMG-20240706-WA0046
Ilustrasi Sabdo Palon.

MEDIASERUNI – Sabdo Palon dan Syeh Subakir dua nama legendaris yang konon berperan besar mewarnai kehidupan di Pulau Jawa.

Cerita Sabdo Palon dan Syeh Subakir ini dikisahkan dalam berbagai versi. Namun dari semua versi yang meliterasikan, mengacuh pada hal yang sama, yakni membuka Tanah Jawa.

Hanya saja, keduanya berangkat dari keyakinan berbeda. Sehingga cara menafsirkan pandangannya pun berbeda. Ini kemudian menjadi pertikaian diantara mereka hingga berakhir dengan perjanjian.

Baca Juga:  Minyak Zaitun  Ternyata Bisa Membuat Kuku Sehat dan Cantik

Lantas, siapa sesungguhnya Sabdo Palon. Tokoh ini dikenal juga sebagai pengasuh dan pengayom raja-raja Jawa. Sosok ini legendaris di tanah Jawa yang memiliki kisah yang menarik dan dikenal dalam berbagai versi.

Versi Fiksi dan Legenda
Sabda Palon adalah makhluk gaib yang menjaga Gunung Tidar di Magelang, Jawa Tengah. Dalam versi ini, Sabda Palon terlibat pertarungan dengan Syekh Subakir.

Baca Juga:  Kades Mulyasari Gelar Walimatussafar Haji Keluarga dan Warganya

Syeh Subakir seorang ulama besar yang diutus oleh Kesultanan Turki Ustmaniyah untuk membersihkan tanah Jawa dari pengaruh-pengaruh gaib, yang mengganggu proses penyebaran agama Islam.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566