logo

Mitos Wadah Sirih Berbentuk Naga Terbuat dari Emas dalam Ritual Adat

ilustrasi wadah sirih berbentuk naga
Ilustrasi wadah sirih dari emas berbentuk naga. (Mediaseruni)

MEDIASERUNI – Dalam ritual adat daun sirih dan pinang sering disajikan sebagai tanda keramahtamahan dan penghormatan kepada tamu undangan. Wadah sirih pun sering dibuat dengan bahan yang bernilai tinggi, seperti emas dan batu mulia, salah satunya wadah sirih berbentuk naga.

wadah sirih berbentuk naga yang terbuat dari emas bukan hanya memiliki nilai praktis dalam upacara adat, tetapi juga mengandung makna simbolis yang dalam. Penggunaannya mencerminkan budaya, spiritualitas, dan keberagaman Indonesia.

Baca Juga:  Ini Makam Penyiar Islam yang Sering Diziarahi Umat Islam Seluruh Dunia

Penggunaan wadah sirih berbentuk naga mengandung simbolisme keberanian, kekuatan, dan keagungan. Naga dalam budaya Indonesia sering dihubungkan dengan kekuatan spiritual dan perlindungan.

Naga adalah salah satu motif yang kaya dan bervariasi dalam seni batik Indonesia. Dalam budaya Indonesia, naga dianggap sebagai simbol kekuatan, keberanian, dan perlindungan.

Selain itu, naga juga merupakan makhluk mitologis yang memiliki kekuatan mistis dan spiritual. Dalam filosofi Jawa, naga melambangkan keseimbangan dan harmoni dalam alam semesta.

Baca Juga:  Resmi Bank Jambi Jadi Anggota KUB Bank BJB

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566