logo

Obat Mujarab, Ilmuan Peraih Nobel Kedokteran Ini Menyarankan Puasa

Peraih Nobel Kedokteran Yoshinori Ohsumi

Karawang, MEDIASERUNI – Penelitian Ilmuwan Biologi Sel di Tokyo Institute of Technology, Yoshinori Ohsumi, membuat dunia takjub. Dia menemukan fenomena menarik di dalam tubuh manusia yang berpuasa.

Dalam penelitiannya, Yoshinori Ohsumi menemukan bahwa ketika seseorang berpuasa selama minimal 8 jam dan maksimal 16 jam, tubuh memulai proses yang mengagumkan yang disebut Autophagy, merupakan istilah Yunani yang berarti ‘memakan diri sendiri’.

Baca Juga:  Bandara Kertajati Siap Sambut Arus Mudik Lebaran 2024

Autophagy, yang bisa diibaratkan sebagai sapu raksasa dalam tubuh, memiliki peran penting dalam membersihkan sel-sel mati yang tidak lagi berguna atau bahkan berpotensi membahayakan tubuh. Sel-sel ini sering kali dihasilkan oleh sel kanker atau kuman penyebab penyakit, seperti virus dan bakteri.

Dalam proses Autophagy, tubuh secara aktif memakan sel-sel yang sudah rusak atau mati. Ini tidak hanya membantu membersihkan tubuh dari sampah seluler, tetapi juga dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Sel-sel yang lapar akibat puasa ini menjadi “mandiri” dalam membersihkan dirinya sendiri.

Baca Juga:  Kodim 0619 Purwakarta Rakor Persiapan TMMD ke 120 di Desa Gurudug

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566