logo

5 Jembatan Tertua Ini Saksi Bisu Perjalanan Karawang

JEMBATAN TUA: Jembatan di daerah Telukjambe salah satu jembatan tua di Karawang. (red/Mediaseruni)

Mediaseruni.co.id, KARAWANG – Salah satu bentuk struktur bersejarah yang menarik untuk dijelajahi adalah jembatan-jembatan tertua yang masih berdiri hingga saat ini. Dengan menjelajahinya, kita dapat memahami betapa kaya dan beragamnya sejarah yang menjadi bagian kehidupan masyarakat setempat.

Jembatan-jembatan ini bukan hanya struktur fisik, tetapi juga penjaga cerita-cerita masa lalu yang terus diperjuangkan untuk diteruskan kepada generasi mendatang. Berikut 5 jembatan tertua yang menjadi saksi bisu perjalanan waktu di Kabupaten Karawang.

Baca Juga:  Filosofi Nasi Uduk, Sejumput Nasi yang Menggugah Selera Nusantara

Jembatan Cikampek
Jembatan Cikampek, yang dibangun pada tahun 1804, menjadi salah satu jembatan tertua di Kabupaten Karawang. Terletak di atas Sungai Cikampek, jembatan ini memiliki arsitektur yang megah dan menjadi bagian penting dari sejarah transportasi di wilayah ini. Meskipun telah mengalami beberapa renovasi, jembatan ini tetap memancarkan keindahan dan daya tarik sejarahnya.

Baca Juga:  Asal Usul Angpau, Tradisi Bersejarah Saat Hari Raya Imlek

Jembatan Ciawigebang
Jembatan Ciawigebang, yang berdiri megah di atas Sungai Ciawigebang, mempunyai sejarah yang mencengangkan. Dibangun pada awal abad ke-19, jembatan ini menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari penduduk setempat. Keberadaannya turut mencerminkan hubungan antar desa yang kuat di wilayah tersebut.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566