logo

Bersedekah Dapat Mengendalikan Emosi dan Psikologi, Begini Penjelasannya

bersedekah
Bersedekah memberikan manfaat yang dapat mengendalikan emosi dan psikologis. (Ari/Mediaseruni)

Karawang, MEDIASERUNI – Bersedekah merupakan tindakan baik yang dianjurkan, apalagi saat bulan ramadan seperti saat ini. Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa bersedekah tidak hanya membantu orang lain, tetapi juga memberikan manfaat  bagi kesejahteraan emosional dan psikologis, sehingga dapat terkendali.

Alasannya terletak pada mekanisme biologis dan psikologis yang terjadi ketika kita melakukan tindakan baik ini. Salah satu alasan mengapa bersedekah dapat meningkatkan kesejahteraan emosional dan psikologis adalah karena dampaknya terhadap pelepasan hormon dopamin dalam otak kita.

Baca Juga:  Sejarah Pemilihan Umum: Perjalanan Menuju Demokrasi Modern

Dopamin adalah neurotransmitter yang terkait erat dengan perasaan bahagia, kepuasan, dan kesejahteraan. Ketika kita melakukan tindakan baik, seperti memberikan sumbangan kepada yang membutuhkan, otak kita merespons dengan meningkatkan produksi dopamin. Ini menciptakan perasaan positif yang memberi kita dorongan emosional yang kuat.

Dokter Dyah Novita Anggraini dalam artikel berjudul ‘Sepuluh Manfaat Bersedekah Dalam Menjalani Hidup’ menyebutkan, memberikan kepada orang lain dengan sukarela dapat meningkatkan kesejahteraan emosional dan psikologis seseorang.

Baca Juga:  5 Ide Hebat Bisnis Pengusaha yang Patut Dicoba

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566