logo

Bisa Dicoba di Rumah, Sembilan Cara Hemat Kelola Keuangan

55ae2ce7-8a44-4cca-bba6-de9a2c84fd90
Ilustrasi cara hemat mengelola keuangan.

MEDIASERUNI – Terkadang terasa sulit untuk mengerem pengeluaran. Apalagi yang mau dibeli barang-barang kebutuhan. Dengan alasan semua penting, berbagai pertimbangan hemat pun akhirnya terabaikan. Untuk itu, sembilan cara hemat ini bisa ditiru di rumah.

Memang, kebutuhan itu semua penting, tetapi bukan lantas mesti terpenuhi. Ingatlah berhemat bukan hanya tentang mengurangi pengeluaran, tetapi juga tentang mengelola keuangan dengan bijaksana.

Baca Juga:  Perempuan Indonesia Cantik Alami, Ternyata Rahasianya Ini

Sehingga kita bisa mencapai tujuan keuangan jangka panjang, dengan mengatur keuangan untuk mencapai kesejahteraan finansial. Berikut nasehat bijak yang dapat diikuti.

1. Alokasikan pendapatan dan pengeluaran
Pertama-tama, alokasikan pendapatan dan pengeluaran setiap bulannya. Ini penting untuk mengetahui kondisi keuangan kamu dan memastikan pengeluaran tidak melebihi pendapatan.

2. Prioritaskan kebutuhan
Sadari mana yang termasuk dalam kebutuhan dan mana yang hanya keinginan. Fokus pada kebutuhan yang tidak bisa ditunda, seperti transportasi, pangan, dan telekomunikasi.

Baca Juga:  Menikmati Kelezatan Nusantara, Karedok Kuliner Khas Jawa Barat

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566