logo

Haul Ki Andong Sari ke 421 Mengarak 7 Pusaka Keramat

andong sari

Mediaseruni.co.id – Masing-masing daerah punya leluhur. Demikianpun Kabupaten Bojonegoro. Diantara leluhur-leluhurnya, nama Ki Andongsari termasuk yang popoler, khususnya bagi warga Desa Ledok Kulon dan Ledok Wetan.

Ki Andong Sari adalah sosok bangsawan yang sangat dihormati dan disegani tak cuma masyarakat setempat pada zamannya, khususnya di Desa Ledok Kulon dan Ledok Wetan.

Baca Juga:  Kujang Prabu Siliwangi, Pemiliknya Kebal Senjata Bisa Kendalikan Kekuatan Alam

Hanya saja, siapa sesungguhnya Ki Andong Sari? Tidak banyak yang mengulas tentang dirinya. Kecuali cerita turun temurun bahwa dialah bernama asli Arya Mentahun.

Diceritakan, pada tahun 1742, Ki Andong Sari bertemu dengan sosok wanita desa yang bernama Sari, kemudian menikah dan tinggal di desa Ledok sampai tutup usianya.

Hingga kini, masyarakat masih memperingati Haul Ki Andong Sari. Dan, kemarin 17 Juli 2023, masyarakat Bojonegoro memperingati Haul Ki Andong Sari yang ke 421, yang dibarengi kirab tujuh pusaka.

Baca Juga:  Ini Makam Penyiar Islam yang Sering Diziarahi Umat Islam Seluruh Dunia

Tujuh pusaka tersebut adalah Tumbak Gagak Cemani, Tumbak Godong Andong, Tongkat Galih Kelor, Tongkat Menjalin Bang dan Porong, Rompi Onto Kusumo, Slempang Kebesaran, Pedang cekik dan Kentrung.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566