logo

Inilah Keramat Situs Purwasuka, Dari Masjid Agung Sampai Karomah Makam

masjid agung
Masjid Agung Karawang. (mediaseruni)

Mediaseruni.co.id – Purwasuka Subang Karawang (Purwasuka) memiliki sejarah yang kental. Dari semasa zaman raja-raja, penyebaran islam sampai perjuangan kemerdekaan.

Purwasuka inipun dulunya merupakan satu pemerintahan, bahkan berpindah – pindah pusat pemerintahan dari Karawang, Purwakarta sampai Subang.

Sampai sekarang kekentalan sejarah Purwakarta Subang Karawang bisa dilihat dalam penggunaan pelat nomor kendaraannya yang berpelat ‘T’.

Baca Juga:  Filosofi Nasi Uduk, Sejumput Nasi yang Menggugah Selera Nusantara

Tetapi disini mediaseruni.co.id tidak mengulas soal pelat nomor kendaraan, melainkan tiga lokasi paling sakral yang ada di Purwasuka.

Masjid Agung Syekh Quro
Masjid Agung Karawang merupakan tempat kegiatan ibadah umat muslim yang berdiri megah dan kokoh di kawasan Alun alun Barat Karawang.

Masjid Agung Karawang dibangun sejak tahun 1418 atau 388 Hijriah. Masjid ini bahkan diklaim sebagai masjid tertua di Jawa Barat.

Baca Juga:  Ini Tiga Wilayah Termacet di Jawa Barat, Daerah Kamu Termasuk?

Lokasi Masjid Agung Karawang di Jalan Alun Alun Barat, Karawang Kulon, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Awalnya masjid Agung Syeh Quro sebuah pesantren yang bernama Quro serta merupakan sebuah musala. Masjid ini sekaligus saksi sejarah perkembangan Islam pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566