logo

Misteri Aul, Manusia Berkepala Anjing di Lereng Gunung Sanggabuana Terungkap

gunung-sanggabuana
Penampakan kawasan pegunungan Sanggabuana.

Karawang, MEDIASERUNI – Selain kaya akan satwa langka endemik jawa, Gunung Sanggabuana juga memiliki cerita mistis yang melegenda sampai sekarang, terutama di kalangan masyarakat setempat. Diantaranya yang paling legendaris adalah keberadaan manusia berkepala anjing yang disebut Aul.

Cerita mistis penjaga Gunung Sanggabuana ini dituturkan dalam beberapa versi. Menurut kepercayaan suku Sunda, dahulunya Aul adalah seorang manusia biasa yang memiliki kesaktian. Jika ada salah satu anggota tubuhnya yang terlepas maka ia bisa dengan mudah menyatukannya kembali.

Baca Juga:  Misteri Bunga Kantil, Pesona dan Mitos dalam Ilmu Pelet

Ada juga versi yang menceritakan, Aul itu asal nya seorang Ksatria yang berilmu kanuragan tinggi dan mengabdi kepada Adipati Singaperbangsa (Bupati Karawang pertama yang menjabat pada kurun waktu 1633-16770) yang kalah dalam pertempuran.

Kesatria tersebut kalan bertempur melawan kerajaan lain dan berakhir dengan tertebas kepalanya. Meski ia kemudian hidup lagi sosok ini salah mengambil kepala, yang ternyata kepala anjing.

Baca Juga:  Terbukti Berbuat Curang, KPU Karawang Nonaktifkan Dua Anggota PPK Pakisjaya

Menurut informasi Aul berada di bukit-bukit penyangga Gunung Sanggabuana, yani di Cabe Areuy, Dinding Ari, dan Curug Cikoleangkak. Aul ini mendiami sebuah goa di balik batu besar yang ada di dinding ari, sebuah puncak gunung yang berada di jajaran pegunungan Sanggabuana.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566