logo

Misteri Kumis pada Kucing, Fungsinya Ternyata Sangat Penting

kucing1
KUMIS Kucing berfungsi sensor hewan itu pada malam hari. (Ari/Mediaseruni)

Karawang, MEDIASERUNI – Meskipun sering kali dianggap sebagai hiasan yang menambah garang pada wajah kucing, ternyata kumis pada kucing memiliki peran yang jauh lebih penting dalam kehidupan sehari-hari kucing.

Meskipun serupa dengan bulu biasa, kumis kucing sebenarnya adalah organ sensorik yang sangat sensitif. Dikenal dengan istilah “vibrissae,” kumis-kumis ini terhubung langsung dengan sistem saraf kucing, membuatnya menjadi alat sensor yang luar biasa.

Baca Juga:  Lima Kota di Jawa Barat Tertinggi Tingkat Polusinya, Kotamu Ada?

Bukan hanya sekadar menjaga kucing tetap keren, kumis tersebut memungkinkan mereka untuk merasakan lingkungan di sekitarnya dengan tingkat ketelitian yang sangat tinggi. Salah satu fungsi utama kumis pada kucing adalah membantu dalam navigasi mereka.

Dalam kondisi gelap atau terbatas cahaya, penglihatan kucing mungkin tidak cukup untuk membantu mereka bergerak dengan lancar. Inilah saatnya kumis masuk ke dalam peran utamanya.

Baca Juga:  Mertua Mencuci Pakaian Menantu, Apakah Boleh

Dengan meraba dan mendeteksi objek di sekitarnya, kucing dapat menilai jarak dan arah dengan presisi yang luar biasa, memungkinkan mereka untuk melintasi lingkungan yang kompleks dengan kepercayaan diri.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566