logo

Momentum Turunnya Ramadan, Rahasia Besarnya Ada Disini

IMG-20240310-WA0010
Foto Ilustrasi

Karawang, MEDIASERUNI – Ramadan bukan hanya bulan suci bagi umat muslim tetapi juga sarat dengan spiritualitas, ibadah dan refleksi. Di balik keutamaannya, ramadan juga menyimpan sejumlah misteri yang menarik dari perspektif agama dan sejarah.

Misteri terbesar berkaitan dengan bulan suci Ramadan adalah turunnya Al Quran, kitab suci umat Islam, kepada Rasulullah Muhammad SAW, Kitab Zabur kepada Nabi Daud, Taurat kepada Nabi Musa dan Injil kepada Nabi Isa, yang semuanya diturunkan pada bulan Ramadan.

Baca Juga:  Menara Saidah Diantara Keunikan dan Misteri yang Menyelimuti

Kitab Suci Al Quran, diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Kejadian ini dikenal sebagai lailatul qadar (Malam Kemuliaan), secara khusus terjadi dalam 10 malam terakhir Ramadan.

Dalam surat Al-Qadr (97:1-5), Al Quran menyatakan: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.”

Baca Juga:  PLN Cetak Hattrick, Kinerja Keuangan Terbaik Sepanjang Sejarah

Misteri yang menyelimuti lailatur Qadar adalah kapan tepatnya malam tersebut terjadi. Meskipun umat Islam cenderung memandang 27 Ramadan sebagai waktu yang paling mungkin, pendapat yang beragam muncul dari sejarah Islam yang berbeda.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566