logo

Pendaftaran Paskibraka 2024: Bangun Karakter Pemimpin Pancasila

Dok Sekretariat Kabinet

Mediaseruni.co.id, JAKARTA – Pendaftaran untuk menjadi calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) 2024 telah dibuka!

Dikutip dari akun Instagram resmi Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP), Kamis 8 Februari 2024, proses pendaftaran telah dimulai sejak minggu pertama Februari 2024 untuk tingkat Kabupaten/Kota. Sementara itu, untuk tingkat Provinsi dan Pusat, pendaftaran akan dibuka pada minggu ketiga April 2024.

Baca Juga:  Kapolres Indramayu Belasungkawa untuk Petugas Pamsung TPS 18 Desa Lohbener

Program Paskibraka, sebagaimana diatur oleh Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022, memiliki tujuan utama sebagai kaderisasi calon pemimpin bangsa yang memiliki karakter Pancasila.

Tahapan program ini meliputi pembentukan Paskibraka, pelaksanaan tugas, pengangkatan Purnapaskibraka Duta Pancasila, serta pembinaan lanjutan terhadap aktivitas kepaskibraan.

Proses pembentukan Paskibraka sendiri terdiri dari beberapa tahapan. Pertama, melalui rekrutmen dan seleksi calon anggota. Kemudian, calon anggota akan menjalani pemusatan pendidikan dan pelatihan sebelum akhirnya diukuhkan sebagai anggota Paskibraka.

Baca Juga:  Warga Nagasari Heboh Kemunculan Ular Sanca Kembang

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566