logo

Puasa Bisa Bikin Awet Muda, Rahasia Terdalamnya Ada Disini

ilustrasi awet muda loh
Ilustrasi awet muda karena berpuasa.

Karawang, MEDIASERUNI – Puasa adalah praktik spiritual yang telah dipraktikkan oleh berbagai agama dan budaya selama ribuan tahun. Namun, selain nilai-nilai spiritualnya, penelitian modern juga menunjukkan bahwa puasa bisa membuat wanita awet muda.

Banyak studi telah menyoroti efek positif puasa, bahkan menyebutkan bahwa puasa dapat membantu tubuh awet muda. Mari kita jelajahi lebih dalam mengenai penelitian dan data-data yang mendukung pernyataan tersebut.

Baca Juga:  PDAM Indramayu 'Sat Set' Atasi Pengaduan Konsumen

Sejumlah studi telah menemukan bahwa puasa dapat membantu menurunkan faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, juga kolesterol tinggi, serta peradangan.

Misalnya, penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Jantung tahun 2019 menunjukkan bahwa puasa intermiten dapat meningkatkan faktor risiko kardiovaskular pada orang dewasa yang overweight atau obesitas.

Puasa pun telah terbukti mengurangi resistensi insulin dan menurunkan kadar gula darah, membantu mencegah atau mengelola diabetes tipe 2. Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Penelitian Diabetes tahun 2014 menunjukkan berpuasa secara berkala dapat meningkatkan sensitifitas insulin dan mengurangi risiko diabetes.

Baca Juga:  Kejari Lampung Utara Tetapkan RHP Tersangka Kasus Jasa Konsultasi dan Kontruksi Inspektorat

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566