logo

,

Terselimuti Awan Tebal Hilal Idul Adha Tidak Tampak di Karawang

IMG-20240608-WA0015
Penetapan 1 Dzulhijjah 1445 Hijriyah dilakukan dengan mengamati matahari terbenam menggunakan teropong.

Karawang, MEDIASERUNI – Meski hilal Idul Adha tidak tampak di Karawang, namun disejumlah tempat terlihat, sehingga pemerintah menetapkan 1 Dzulhijjah 1445 Hijriyah jatuh hari ini, 8 Juni 2024.

“Hilal memang tidak terlihat di pantai Karawang, tetapi di beberapa daerah lain hilal sudah terlihat. Hasil peneropongan di pantai Karawang pada senja tidak maksimal, karena matahari terbenam terhalang awan tebal,” ucap Kepala Kemenag Karawang H. Sopian.

Baca Juga:  Masyarakat Lampura Ramaikan Senam Lampung Berjaya bersama Gubernur Lampung

Sopian menuturkan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Karawang bersama Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) melakukan peneropongan matahari terbenam, kemarin, 7 Juni 2024.

Pengamatan hilal dengan menggunakan teropong ini dilakukan pengamat hilal Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Karawang pada saat senja, di Pantai Sedari, Karawang, dan hilal tersebut tidak terlihat dari sisi pantai Karawang.

Baca Juga:  Misteri Bunga Kantil, Pesona dan Mitos dalam Ilmu Pelet

“Pantai Sedari sengaja dijadikan tempat untuk melihat hilal 1 Dzulhijjah, karena dalam keadaan normal, disana bisa terlihat matahari terbenam,” jelas H. Sopian.

H. Sopian menyebut, rukhyatul hilal 1 Dzulhijjah ini yang pertama di Karawang. Kemenag Karawang sebelumnya selalu memantau hilal di pantai daerah Kabupaten Subang.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566