logo

7 Sungai Terpanjang Ini Membelah Provinsi Jawa Barat, Nomor 5 Melintasi Karawang

citarum
Foto Istimewa

MEDIASERUNI – Jawa Barat merupakan provinsi di Indonesia dengan luas wilayah kurang lebih 35.377 kilometer persegi. Daerah ini dibelah oleh 7 sungai terpanjang yang salah satu sungainya melintasi Karawang.

Terletak pada bagian barat Pulau Jawa dengan ibu kota di Kota Bandung, berbatasan dengan Banten dan wilayah ibu kota Jakarta di sebelah barat, Laut Jawa di utara, Jawa Tengah di timur, dan Samudra Hindia di sebelah selatan.

Baca Juga:  Setelah Nasdem Datangi Gerindra Nama Aep Syaepuloh Makin Kencang di Pilkada 2024

Bersama dengan Banten, Jawa Barat disebut sebagai Tatar Sunda atau Pasundan, karena merupakan kampung asli masyarakat Sunda, suku terbesar kedua di Indonesia.

1. Sungai Citarum
Sungai Citarum merupakan sungai terpanjang di Jawa Barat. Panjangnya mencapai 270 km dan membentang dari kaki Gunung Wayang sampai bermuara di Laut Jawa.

Nama “Citarum” berasal dari dua kata, yakni “ci” atau “cai” yang berarti sungai, dan “tarum” adalah sejenis tanaman penghasil warna nila. Dahulu, tanaman ini banyak ditemukan di sungai ini.

Baca Juga:  Momen Ulang Tahun Anak, Mengapa Jadi Momentum Penting, Penjelasannya Begini

Sungai Citarum juga menjadi sumber air minum untuk masyarakat disejumlah daerah, termasuk Jakarta, Bekasi, Karawang, Purwakarta, dan Bandung.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566