logo

Filosofi Keris, Senjata Tradisional Lambang Ketajaman Pikiran dan Kewibawaan

keris coy
Ilustrasi keris (evasion online)

Karawang, MEDIASERUNI – Keris merupakan salah satu senjata tradisional Indonesia. Dalam sejumlah literatur keris disebut memiliki filosopi yang unik, mengandung makna sangat dalam dan kompleks.

Keris tidak hanya berfungsi sebagai senjata untuk pertempuran, tetapi juga sebagai karya seni yang indah. Filosofi ini mencerminkan keseimbangan antara kekuatan fisik yang diperlukan dalam pertempuran dan keindahan estetika yang memikat.

Baca Juga:  Raden Paku Putus Hawa Jahat yang Dihembuskan Mahisa Kicak ke Laut

Salah satu aspek penting dari Keris adalah “taji”, atau ujung bilah yang tajam. Hal ini melambangkan kekuatan yang tajam dan memotong yang dapat mengalahkan musuh dengan cepat dan efisien. Secara filosofis, “taji” juga dapat diartikan sebagai kemampuan untuk memotong hubungan negatif atau mengatasi rintangan dalam hidup.

Motif-motif yang diukir di bilah Keris sering kali terinspirasi oleh alam, seperti motif air, api, atau bunga. Ini mencerminkan hubungan yang dalam antara manusia dan alam, serta siklus kehidupan yang terus berputar. Keris mengingatkan kita akan pentingnya menjaga harmoni dengan alam dan menghargai keindahan dalam kehidupan.

Baca Juga:  Bunga Mawar bagi Penganut Ilmu Harimau, Misterinya Ternyata Ini

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566