logo

HAJI USMAN (16)

77c2d124-73fc-4663-b07e-4c201843471c
Ilustrasi Haji Usman

MEDIASERUNI – Kabar perjalanan Haji Usman ke Tanah Batak memang sudah terdengar oleh Srinti. Sebetulnya nama aslinya Ponirah, namun orang-orang Kampung Martoba menyebutnya Srinti.

Tadi dia terlihat memasuki Pajak (baca; Pasar) Kampung Martoba berdua Misem alias Tjinten. Baik Misem maupun Ponirah memang berasal dari Jawa Tengah. Sebenarnya berlima dengan Sumirah, Dirah dan Wening. Kecuali Sumirah, Dirah dan Wening dari Jawa Barat.

Baca Juga:  Raden Patah Ditolong Pemanah Berseragam Hitam

Mereka ini sempat membantu perjuangan Sangaji di Jawa, sebuah pejuang itu memindahkan pusat perlawanan di Tanah Sunda. Kehadiran mereka di Tanah Batak karena tertangkap kompeni di Batavia, setelah dikhianati kawan sendiri.

Memang, pada dewasa itu kompeni Belanda membuang pejuang-pejuang yang tertangkap ke Tanah Sumatera. Mereka disuruh membuka hutan, dan sebagian karena tergiur harta dipercaya kompeni sebagai pendekar – pendekar bayaran dan pengawal kereta – kereta pengangkut hasil bumi dan rempah-rempah.

Baca Juga:  Pegi Setiawan Keluar Penjara Pukul Sembilan Malam, Bilang Terima Kasih Langsung Pulang

Persis di bagian hutan agak lebat Ponirah hentikan lari. Dibelakangnya Misem tampak mendongkol. “Kampret! Ada apa!” Ponirah cuma mencibir. “Haji Usman sudah di Tanah Batak.”

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566