logo

Misteri Kerajaan Hilang di Tanah Sunda, Jejak yang Menghilang di Antara Legenda

dalang atos
Ilustrasi dalang memainkan lakon kerjaan yang hilang.

Karawang, MEDIASERUNI – Keberadaan kerajaan hilang di Tanah Sunda telah lama menjadi misteri. Meskipun usaha pencarian telah dilakukan selama berabad-abad, misteri ini tetap tidak terpecahkan.

Cerita tentang kerajaan ini tidak hanya menjadi bagian dari warisan budaya yang kaya di wilayah tersebut, tetapi juga telah menarik perhatian banyak peneliti dan penggemar sejarah dari seluruh dunia.

Baca Juga:  Makam Imam Bukhari, Pemuka Agama yang Mewariskan Koleksi Hadis Terbesar

Menurut legenda yang dipercaya secara turun temurun di kalangan masyarakat Sunda, kerajaan ini pernah berdiri megah dan kuat di tanah Sunda yang sekarang disebut Jawa Barat.

Sejumlah literatur menyebut Kerajaan Sunda yang menghilang itu adalah kerajaan tertua di Jawa Barat. Kerajaan ini pernah mengalami masa kejayaan pada masa lalu. Wilayah kerajaan ini meliputi sebagian besar wilayah Jawa Barat modern, termasuk kota-kota besar seperti Bandung dan Bogor.

Baca Juga:  Pesan Kang Deni Gunawan untuk Relawan Asep Japar, Terus Bersinergi dengan Partai Golkar

Namun, keberadaannya tidak selalu jelas dalam catatan sejarah. Kerajaan tersebut tiba-tiba menghilang tanpa jejak meninggalkan hanya cerita-cerita yang tersebar di kalangan penduduk setempat.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566