logo

Mistis Melati, Kembang Ini Selalu Menghiasi Rambut Nyi Roro Kidul

mistis melati
Sebagian masyarakat masih percaya kembang melati erat keberadaannya dengan Nyi Roro Kidul.

Karawang, MEDIASERUNI – Masyarakat Jawa merupuakan kelompok budaya yang sangat kaya dalam hal tradisi dan kepercayaan mistis. Salah satu unsur mistis yang memiliki tempat istimewa dalam budaya Jawa adalah kembang melati.

Kembang melati bukan hanya bunga biasa bagi masyarakat Jawa. Mereka percaya bahwa kembang melati memiliki kekuatan magis dan makna spiritual yang dalam. Bahkan rambut Nyi Roro Kidul pun selalu dihiasi kembang melati.

Baca Juga:  Pamali Tidur Menghadap Pintu, Penjelasannya Begini

Memang, selain peran praktisnya dalam kehidupan sehari-hari, kembang melati juga dihubungkan dengan berbagai mitos dan cerita mistis dalam budaya Jawa. Salah satu cerita yang terkenal adalah tentang Ratu Roro Kidul yang konon merupakan ratu dari kerajaan laut selatan Jawa.

Ratu ini dikatakan memiliki rambut yang dihiasi dengan melati, yang merupakan simbol kecantikan dan daya tariknya yang mistis. Masyarakat Jawa percaya bahwa jika seseorang mengenakan melati berlebihan atau berpakaian dengan warna hijau di laut selatan, mereka dapat mengundang kemarahan Ratu Loro Kidul.

Baca Juga:  Sosok Ini Dipercaya Sebagai Aktor Utama Dibalik Misteri Tanah Jawa

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566