logo

Puasa Bisa Bikin Mata Awet Muda, Yuuk Simak Penjelasannya

mata sehat
Ilustrasi mata sehat.

Karawang, MEDIASERUNI – Puasa telah lama dikenal sebagai praktek spiritual yang melampaui manfaat keagamaan, dan penelitian terbaru menyoroti potensi luar biasa puasa dalam menjaga kesehatan mata.

Sebuah studi terbaru telah menemukan hubungan yang menarik antara puasa dan perlambatan proses penuaan pada penglihatan manusia. Bukti-bukti ilmiah ini memperkuat pandangan bahwa puasa tidak hanya memengaruhi kesehatan fisik, tetapi juga memberikan perlindungan tambahan terhadap penglihatan yang menurun seiring bertambahnya usia.

Baca Juga:  Pelat Kendaraan Bermotor Hilang? Cara Mengurusnya Begini

Penelitian ini menunjukkan bahwa puasa dapat memperlambat penurunan kualitas penglihatan yang sering terkait dengan penuaan. Berbagai mekanisme yang terlibat, seperti penurunan kadar gula darah, peningkatan produksi hormon pertumbuhan, dan proses autophagy (penghancuran dan daur ulang sel-sel yang rusak), semuanya berkontribusi pada efek positif ini.

Salah satu faktor utama yang berperan dalam kesehatan mata adalah kadar gula darah. Tingkat gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah di mata dan meningkatkan risiko penyakit mata seperti retinopati diabetik.

Baca Juga:  Es Cendol Kuliner Minuman yang Menyatu dalam Kelezatan Nusantara

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566