logo

Mitos Selasa Kliwon, Larangan Hari Menikah karena akan Membawa Sial

IMG-20240511-WA0000
Ilustrasi pernikahan

Karawang, MEDIASERUNI – Masyarakat Jawa kaya akan tradisi dan kepercayaan, diantaranya mitos selasa kliwon, dimana pada hari itu disarankan untuk tidak melakukan ritual pernikahan karena dipercaya akan membawa sial.

Meskipun belum teruji secara ilmiah, larangan ini memiliki akar kuat dalam kepercayaan tradisional masyarakat Jawa. Bahkan larangan ini menjadi bagian tak terpisahkan dari warisan budaya yang dijunjung tinggi.

Baca Juga:  Pemimpin Karawang Dinilai Harus Seperti Kaesang Pangarep

Mitos Selasa Kliwon
Hari Selasa sendiri dalam budaya Jawa dipandang sebagai saat yang sarat dengan energi negatif. Dipercayai bahwa pada hari ini, kekuatan gaib lebih dominan daripada hari-hari lainnya.

Sedangkan Kliwon, salah satu pasaran dalam kalender Jawa, dipandang memiliki makna spiritual tertentu. Kombinasi antara dua kekuatan ini, Hari Selasa dan Kliwon, dianggap sebagai waktu yang kurang baik untuk memulai segala sesuatu yang baru.

Baca Juga:  Enam Senjata Tradisional Sunda Ini Masih Ada Sampai Sekarang

Dibalik larangan ini, terdapat sejumlah mitos dan legenda yang turut memperkuat kepercayaan akan kesialan pada hari Selasa Kliwon. Meskipun mungkin terdengar seperti cerita yang berlebihan, kepercayaan ini masih tetap mengakar kuat dalam masyarakat Jawa.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566