logo

Puyang Bajuri, Roh Leluhur yang Menjaga Gunung Singgalang

gunung singgalang
Ilustrasi Gunung Singgalang

Karawang, MEDIASERUNI – Gunung Singgalang termasuk satu dari belasan destinasi wisata alam unggulan di Sumatera Barat. Destinasi ini tak hanya menawarkan panorama alamnya yang mempesona, tetapi juga wisata spiritual Makam Puyang Bajuri.

Puyang Bajuri merupakan salah satu misteri terbesar yang terkait dengan Gunung Singgalang, yang dipercaya masyarakat setempat memiliki kekuatan supranatural tingkat tinggi.

Baca Juga:  Mengapa Masyarakat Percaya Menyapu di Malam Hari Pamali, Begini Penjelasannya

Cerita tentang sosok Puyang Bajuri telah menjadi bagian tak terpisahkan dari warisan budaya lokal, menimbulkan rasa kagum sekaligus ketakutan di kalangan penduduk setempat.

Asal Usul Puyang Bajuri
Dalam kepercayaan masyarakat setempat, Puyang Bajuri dianggap sebagai roh penjaga Gunung Singgalang, salah satu gunung berapi yang megah di wilayah tersebut, yang memegang kendali atas kehidupan dan kesejahteraan di sekitarnya. Ia dikeramatkan sebagai entitas spiritual yang harus dihormati dan dipuja.

Baca Juga:  Nama Calon PDIP dan PKS untuk Pilkada Karawang 2024 Mengerucut Setelah Dua Kali Pertemuan

Meskipun dalam cerita-cerita rakyat sering digambarkan dalam berbagai bentuk, Puyang Bajuri umumnya digambarkan sebagai sosok yang bijaksana namun juga menakutkan. Ia dapat muncul dalam berbagai wujud, dari manusia tua yang bijak hingga sosok gaib yang menakutkan.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566