logo

,

Seni Sampyong di Kota Warteg Kembali Eksis

IMG-20240315-WA0218
Seniman Seni Sampyong mulai memperlihatkan kembali eksistensinya. (Ratno/Mediaseruni)

 

Kabupaten Tegal, MEDIASERUNI – Setelah lama vakum budaya kota warung makan Tegal (Warteg), seni Sampyong dari Balapulang Wetan Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal Provinsi Jawa Tengah diaktifkan kembali.

Dalam opening ceremony pasar Katar Ramadan Balapulang Wetan, Sampyong ditampilkan. Dalam aksinya, terlihat beberapa anak muda memperlihatkan gerakan sampyong yang dipadukan dengan memukul kayu di tangan.

Baca Juga:  TNI - Rakyat Kompak di TMMD ke 120 di Desa Gurudug

Tokoh seniman Balapulang Wetan Imam Joend mengatakan, seni budaya Sampyong ini asli dari Balapulang Wetan Kabupaten Tegal, dan kesenian ini sudah ada sejak dulu,” kata Imam.

“Seingat saya itu seni budaya sampyong ini sejak dari tahun 1970-an dan itu sudah ada. Kelihatan simpel tapi unik juga ada seni pencak silatnya,” ucapnya, Kamis 14 Maret 2024.

Baca Juga:  Pembunuh Komunitas LGBT di Karawang Ternyata Kekasihnya

Seni budaya sampyong, menurut Imam, saat ditampilkan biasanya ditambahkan dengan musik tembang Jawa atau genjringan pake terbang dan sampai saat ini sampyong masih eksis di Balapulang Wetan. (Ratno/Mds)

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566