logo

Soda Kaustik: Zat Kimia Multifungsi dalam Industri Modern

Soda Kaustik atau caustic soda dalam bentuk padat.

Mediaseruni.co.id, KARAWANGSoda kaustik atau caustic soda, juga dikenal sebagai natrium hidroksida, merupakan zat kimia yang memiliki peran krusial dalam berbagai sektor industri. Dikenal karena sifat korosifnya, soda kaustik digunakan diantaranya dalam pembuatan tekstil, kertas, sabun, produk pembersih.

Soda kaustik diproduksi melalui elektrolisis larutan natrium klorida. Pada suhu ruangan, zat ini berbentuk padat seperti lilin dan tidak berbau. Rumus kimianya, NaOH, menggambarkan bahwa soda kaustik didorong dari ion natrium dan hidroksida. Namun, bentuk komersialnya sering berupa natrium hidroksida monohidrat, atau NaOH·H2O.

Baca Juga:  Cerita Bangga Kades Karangjaya pada Sintia yang Mengharumkan Nama Desanya

Istilah “soda caustic” sering digunakan oleh pedagang untuk menggambarkan sifat korosif dan kaustik dari zat ini. Sinonim lain yang umum adalah “natrium hidroksida,” yang merujuk pada sifat kimianya sebagai natrium hidrat. Dalam perdagangan, soda kaustik juga dikenal sebagai alkali dan soda karena sifat alkalinya yang kuat.

Soda kaustik dapat ditemukan dalam berbagai bentuk seperti cair, serpihan, butiran, kubus, dan balok, tergantung pada kebutuhan penggunaannya. Namun, bentuk cair dan serpihan lebih efisien, khususnya dalam industri pulp dan kertas, pengolahan air, saluran pembuangan, dan industri makanan.

Baca Juga:  HUT ke 3 Inpera, Gelar Seminar Peran Media dalam Penyelenggaraan Pemilu 2024

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566