logo

Sumber Air Sungai Nil Masih Jadi Misteri, Ilmuwan Menyebut Begini

sungai nil
Foto Ilustrasi Sungai Nil

MEDIASERUNI – Sungai Nil merupakan kisah besar dalam sejarah eksplorasi manusia. Dari masa kuno hingga era modern, sungai ini telah memikat imajinasi dan rasa ingin tahu banyak orang.

Ekspedisi yang dilakukan untuk menemukan sumbernya tidak hanya memberikan pengetahuan ilmiah yang berharga, tetapi juga membuka wawasan tentang budaya, politik, dan sejarah Afrika.

Baca Juga:  THR dan Gaji 13 Dibayarkan H-10, Segini Besarannya

Sungai Nil memiliki panjang lebih dari 6.650 kilometer, menjadikannya sungai terpanjang di dunia. Mengalir melalui sebelas negara di Afrika Timur Laut, Sungai Nil telah menjadi saksi sejarah peradaban manusia selama ribuan tahun.

Sumber Sungai Nil tetap menjadi misteri selama berabad-abad. Karenanya, penemuan sumber ini adalah salah satu pencapaian besar dalam eksplorasi geografi.

Baca Juga:  Misteri Ayam Kampung Hitam dalam Ritual Pernikahan

Para penjelajah dan ilmuwan berusaha memahami dari mana aliran besar yang terbagi dua aliran, yakni Nil Putih dan Nil Biru ini berasal.

Ekspedisi Nil Biru
Sumber Nil Biru telah ditemukan sebelumnya oleh penjelajah Skotlandia, James Bruce, pada tahun 1770. Bruce menemukan bahwa Nil Biru bermula dari Danau Tana di dataran tinggi Ethiopia.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566