logo

Ternyata Ini Sosok Penting Dibalik Misteri Sesepuh Nusantara

IMG-20240702-WA0016
Ilustrasi Sesepuh Nusantara. (Mediaseruni)

MEDIASERUNI – Bagi sebagian masyarakat Indonesia, khususnya di Tanah Jawa, sebutan Sesepuh Nusantara sudah akrab di telinga. Hanya saja, siapa sosoknya penyandang gelar itu, sampai kini tetap misteri.

Menurut sejumlah literatur, sesepuh nusantara kepada tokoh-tokoh agama, seperti kiai. Berasal dari kata dasar ‘Sepuh’ artinya orang sangat tua dan Nusantara. Sehingga diartikan sebagai Kiai Sepuh atau Kiai Sepuh Nusantara atau Sesepuh Nusantara.

Baca Juga:  Misteri Malam Lailatul Qadar, Ada yang Menyebut 21 Ramadan Malam

Kiai sepuh Nusantara atau Sesepuh Nusantara mengacu pada para kiai, ulama, atau guru agama Islam yang telah mencapai tingkat kebijaksanaan, pengalaman, dan pengetahuan yang tinggi dalam dunia keagamaan.

Istilah “sepuh” dalam bahasa Indonesia berarti tua, dan dalam konteks ini, merujuk pada orang-orang yang telah mengabdikan sebagian besar hidup mereka untuk studi agama, pengajaran, dan pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga:  Ketum AYS Prayogie Resmi Melantik Pengurus MIO Indonesia Provinsi Aceh

Para kiai sepuh adalah figur yang sangat dihormati dalam masyarakat karena pengetahuan mereka tentang agama Islam dan kebijaksanaan dalam memberikan nasihat dan bimbingan spiritual.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566