logo

Transisi e-KTP ke KTP Digital Sedang Berlangsung

IMG-20240616-WA0023
Peralihan KTP elektronik (e-KTP) ke KTP Digital (IKD) sedang berlangsung. (Foto istimewa)

MEDIASERUNI – Transisi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) konvensional ke bentuk digital yakni KTP digital atau Identitas Kependudukan Digital (IKD) sedang berlangsung.

Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum bisa mengakses IKD atau KTP Digital.
Padahal ada banyak manfaat yang disambil. Diantaranya penggunaan lebih simpel dan pembuatan lebih cepat.

Selain itu, tidak perlu dicetak menggunakan blangko, tidak perlu disimpan di dalam dompet, KTP cukup disimpan di dalam handphone atau smartphone.

Baca Juga:  Persib Bandung Juara Liga 1, Siang Ini Warga Jabar Arak Pangeran Biru Keliling Kota Bandung

KTP Digital akan bisa diakses penuh pada bulan September mendatang. Hal ini diungkapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Anas, ketika berada di Istana Kepresidenan kemarin 15 Juni 2024.

Menteri ketika itu juga berharap seluruh platform INA Digital akan tuntas di September akhir. Kendati demikian, berdasarkan data sudah ada sembilan juta rakyat Indonesia memiliki IKD.

Baca Juga:  Membimbing Anak Melaksanakan Puasa Pertama Ramadan, Pedomannya Disini

Untuk mendapatkan kartu identitas digital sekarang masih harus ke kelurahan, ke depan diharapkan begitu digital ID terintegrasi cukup pakai face recognition nanti akan mendapatkan IKD.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566