logo

Yang Kalah Menjelaskan Yang Menang Menjawab

jabat tangann
FILOSOFI Kekalahan dan kemenangan mengarah kepada solosi. (Foto Katigaku/Mediaseruni)

Karawang, MEDIASERUNI – Yang Kalah Menjelaskan Yang Menang Menjawab. Kalimat ini dilontarkan anak saya kepada teman satu timnya, usai mengikuti perlombaan di sekolahnya.

Sempat tergugu mendengar ucapan itu. Karena pada saat bersamaan saya sedang mengedit berita perolehan suara hasil Pilpres 2024.

Selidik punya selidik, ternyata anak laki-laki saya itu baru selesai mengikuti perlombaan memasak di sekolahnya. Perlombaan itu antar tim.

Baca Juga:  Apel Siaga Panwascam Tirtajaya, Antisipasi Pelanggaran dan Penertiban APK

Tim anak saya berhasil memenangkan perlombaan. Padahal masakan yang disajikan biasa saja, dan tampilannya pun kurang menggugah selerah. Namun, juri menyebut masakannya paling enak, dan memenangkan tim anak saya.

Tetapi sayang, pasca kemenangan itu rumor pun beredar. Tim anak saya disebut-sebut tak layak jadi pemenang karena tampilannya kurang menarik, dan tentu saja, modalnya pun kalah banyak dengan tim peserta lainnya.

Baca Juga:  Kasus PHK Sonya Pratiwi, Komisi IV DPRD Karawang Mendesak Tindakan Tegas

Bagi saya, ucapan Yang Kalah Menjelaskan Yang Menang Menjawab, tentu jadi hal menarik. Kalau boleh menyebut filosofi, maka filofosinya adalah mencari solusi dari sebuah kekalahan dan kemenangan.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566