logo

,

Bupati Diminta Tindaklanjuti Kebutuhan Pompanisasi Lahan Pertanian 

IMG-20240419-WA0031
Rapat koordinasi ketahanan pangan dan produktifitas pertanian di Jawa Barat.

Bandung, MEDIASERUNI – Bupati/Wali Kota di Jawa Barat, termasuk Kabupaten Karawang, diminta segera menindaklanjuti kebutuhan Kementerian Pertanian, khususnya terkait peta lahan penerima bantuan pompanisasi.

“Baru 1.300 titik yang sudah terealisasi untuk 13.000-an hektare lahan. Kementerian Pertanian bahkan  siap jika Jabar menambah kebutuhan pompanisasi hingga 5.000 titik,” tegas Sekda Provinsi Jabar Herman Suryatman, Kamis 18 April 2024.

Baca Juga:  Bey Machmudin Sambut Kedatangan Jemaah Haji Subang di Bandara Kertajati

Pj Bupati Bandung Barat Arsan Latif yang hadir dalam rakor meminta 44 titik pompanisasi untuk areal lahan tadah hujan di wilayahnya. Selain itu, Arsan berharap ada perbaikan saluran irigasi sawah karena banyak yang rusak.

Hal yang sama disampaikan Pj Bupati Sumedang Tuti Ruswati.  Pihaknya melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sudah melaksanakan pompanisasi pada 200 ha lahan sawah, namun masih membutuhkan tambahan program pompanisasi dari Kementerian Pertanian.

Baca Juga:  Gubernur Lampung Ikuti Pengajian Akbar

“Kami juga meminta bantuan Pemdaprov Jabar memperbaiki Bendung Cariang di Kecamatan Ujung Jaya yang kondisinya sudah mulai rusak. Bendung ini sangat vital bagi pengairan saluran irigasi di Sumedang,” tutur Tuti.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566