“Kami telah menyesuaikan jadwal layanan KA Feeder ini agar cocok dengan perjalanan KA Cepat Jakarta – Bandung (KCJB),” kata Takdir Santoso, Executive President Daerah Operasi 2 Bandung.
Pembangunan fisik Hall atau ruang tunggu khusus pelanggan KCJB di Stasiun Bandung dan Cimahi sudah mencapai 100 persen. Sementara itu, pembangunan di Stasiun Padalarang masih dalam tahap akhir.
KAI bersama KCIC saat ini tengah menyiapkan fasilitas park and ride serta standar pelayanan minimum dan ruang tunggu KA Feeder KCJB.
Sebelum resmi beroperasi, KA Feeder telah melalui serangkaian ujicoba dengan berbagai skenario, yang mencakup pengujian waktu tempuh lintas Bandung – Padalarang, pengenalan lintas, ruang bebas, kinerja di tanjakan, dan sistem pengereman.
Semua ini bertujuan untuk memastikan bahwa operasional KA Feeder berjalan dengan lancar dan dapat mengurangi potensi gangguan di lapangan.
Dalam waktu dekat, KAI bersama KCIC akan melakukan trial operasi KA Feeder dan kereta cepat. Daop 2 Bandung telah menyiapkan delapan perjalanan KA Feeder tambahan untuk masyarakat yang ingin mencoba menggunakan layanan ini sebelum melanjutkan perjalanan mereka. (Mds/rls)