logo

Enam Senjata Tradisional Sunda Ini Masih Ada Sampai Sekarang

bedog
Bedog satu dari enam senjata tradisional sunda yang masih ada sampaii sekarang.

Karawang, MEDIASERUNI – Tiap daerah punya senjata khas masing-masing. Demikian Jawa Barat atau Sunda. Dari beberapa literatur terangkum enam senjata tradisional sunda yang sampai sekarang masih ada, yakni Kujang, Bedok, Patik, Congkang dan Ani-Ani atau Ketam.

1. Kujang
Kujang adalah salah satu senjata tradisional sunda yang masih eksis hingga sekarang. Bentuknya kerap dijadikan sebagai motif batik dan lambang yang mencerminkan Suku Sunda.

Baca Juga:  Misteri Kamar Tidur Soekarno di Istana Bogor, Ada yang Lihat Bayangan Soekarno

Kujang memiliki makna filosofi mendalam bagi sejarah kehidupan masyarakat Pasundan. Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kata ‘Kujang’ berasal dari bahasa sunda kuno yang artinya senjata dengan kekuatan gaib atau jumat.

Kujang juga dipercaya sebagai senjata para dewa. Kujang menjadi salqh satu simbol status, penghormatan, dan jimat unuk para petinggi dan kaum bangsaean Kerajaan Padjajaran.

Baca Juga:  Kuda Lumping Pertunjukan Mistis dari Jawa Timur

2. Bedog
Bedog Senjata yang memiliki fungsi sebagai alat berperang dan juga digunakan dalam upacara. Bedog juga memiliki nilai historis dan budaya yang tinggi.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566