logo

HAJI USMAN (19)

IMG-20240615-WA0021
Ilustrasi haji usman

MEDIASERUNI – Kembalinya Haji Usman ke Tanah Batak memang sudah tersiar di kalangan pengikut Sisingamangaraja. Rakyat Batak tahu manusia disapa Bang Haji inilah yang membantu diam-diam perlawanan Sisingamangaraja.

Bahwa kini Haji Usman kembali ke Tanah Batak inilah yang menjadi pertanyaan. Pada saat penyerbuan kompeni belanda di Pulau Samosir Haji Usman sedang berada di Pulau Jawa bertemu Sangaji.

Baca Juga:  HAJI USMAN

Perihal kehadiran Haji Usman itu juga sempat jadi bahan perbincangan Mandor Surak dan Parjo yang saat itu sedang mengejar sosok berseragam kelabu. Sosok itu sempat mencuri dengar percakapan Surak dan Parjo.

“Berhenti Ki Sanak! Jangan paksa aku menyerangmu!” Bentak Parjo manusia berjuluk Kumbang Dari Kulon sambil mempercepat larinya.

Persis di kedalam hutan agak lebat sosok berseragam kelabu hentikan lari dan menjurah hormat. “Salam hormat, manusia berjuluk Kumbang Dari Kulon.”

Baca Juga:  Pleno Penetapan Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2024 Nyaris Tanpa Bawaslu

Parjo nampak terkejut. Di tanah Batak ini, kecuali Mandor Surak hanya Haji Usman yang tahu siapa sesungguhnya dirinya. Makanya Parjo pun langsung tajamkan penglihatan yang tersaput gelapnya hutan. Dan betapa kagetnya begitu mengenali sosok didepannya. “Saudara Mahisa, kaukah itu…”

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566