logo

,

IWO Indonesia di Karawang Tegas Tolak RUU Penyiaran

IMG-20240529-WA0038
Ketua DPD IWOI Karawang Syuhada Wisastra. (Foto ist)

Karawang, MEDIASEEUNI – Ketua IWO Indonesia di Karawang Syuhada Wisastra menyatakan secara tegas menolak revisi Undang-Undang (UU) Penyiaran karena di dalamnya memuat sejumlah pasal kontroversi yang membungkam kemerdekaan pers.

“Revisi UU Pernyiaran yang kini dibahas di DPR RI ini juga membungkam kebebasan berekspresi serta mengungkung proses demokrasi,” ujar Syuhada, Selasa, 28 Mei 2024.

Baca Juga:  Warga Karawang Ditemukan Tewas Membusuk di Desa Jomin Barat

Menurutnya, jika revisi UU Penyiaran ini disahkan, maka dapat terjadi kekacauan. Sebab, lembaga penyiaran akan menjadi wahana legislatif yang memainkan perannya untuk menekan jurnalis.

“Hal ini menjadi ancaman yang serius terhadap demokrasi dan kemerdekaan pers. Kami ingin agar DPR RI tidak terburu-buru dalam mengesahkan revisi UU Penyiaran ini,” ucap Syuhada.

Baca Juga:  Warga Kaget, Kapolsek Forkopincam dan Ormas Tambal Lubang Jalan Jembatan Sungai Laur

Ia mengungkapkan, dampak lainnya dengan adanya revisi UU Penyiaran ini adalah dapat memberanguskan kerja-kerja investigasi pekerja pers dalam menyampaikan laporan kebenaran atas temuan liputannya.

“Liputan investigasi adalah hal penting bagi jurnalis sebagai fungsi kontrol terhadap pemerintah maupun swasta, terutama dalam mengungkap kasus korupsi,” beber Syuhada.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566