logo

Pembaca Wajib Tahu, Ternyata Ini Makna Malam Satu Suro

IMG-20240707-WA0056
Tradisi malam satu suro atau 1 muharam sebagai bagian budaya leluhur yang ada sampai sekarang. (Mediaseruni)

MEDIASERUNI – Malam Satu Suro merupakan malam pertama di Bulan Suro, yaitu sesi atau bulan pertama dalam Kalender Jawa. Namun dalam budaya Jawa, Malam satu Suro juga dianggap sakral, dan sebagai gerbang dunia manusia dan gaib bertemu.

Perayaan atau ritual tahun dalam Kalender Jawa ini biasanya dirayakan pada malam hari, setelah matahari terbenam dengan berbagai aktifitas.

Baca Juga:  Puluhan ASN Terancam Dipecat Akibat Dukung Calon Tertentu di Pemilu 2024

Sejarah tradisi Malam Satu Suro tidak terlepas dari budaya keraton. Dahulu, keraton sering melakukan upacara dan ritual yang kemudian diwariskan secara turun temurun.

Keraton Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta mengartikan malam satu suro sebagai malam yang suci serta bulannya penuh rahmat.

Beberapa orang Jawa Islam percaya bahwa mendekatkan diri kepada Tuhan bisa dengan cara membersihkan diri serta melawan nafsu manusiawinya. Oleh karena itu, mereka menjalankan upacara individu seperti tirakat, lelaku, atau perenungan diri.

Baca Juga:  Makna Spiritual Bunga Kamboja Dibalik Aromanya yang Memikat

Selain itu, ada juga aktifitas upacara kelompok seperti melakukan selametan khusus sepanjang satu minggu, ataupun pawai obor berkeliling kampung.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566