logo

,

Pemerintah Akan Batasi Penggunaan Pertalite pada Motor Matic 150 cc

ngeri juga
Ilustrasi BBM jenis Pertalite.

Jakarta, MEDIASERUNI – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sedang mengkaji ulang kebijakan penggunaan Pertalite, bensin yang saat ini hanya diperuntukkan bagi motor dengan kubikasi mesin di bawah 250 cc.

Rencana ini dipicu oleh merebaknya motor matic 150 cc terbaru yang menggunakan teknologi injeksi, seperti Yamaha Nmax 155 dan Honda PCX 160.

Baca Juga:  BI Beri Penghargaan, Pembayaran Pajak Non Tunai Bulukumba Meningkat

Menurut laporan dari IDN Times, motor-motor tersebut, terutama yang dirilis pada tahun 2022, sudah lebih cocok menggunakan bahan bakar dengan RON 92 atau Pertamax.

Dampaknya, jika aturan revisi terhadap Perpres Nomor 191 disahkan, motor matic 150 cc tersebut tidak lagi bisa menggunakan Pertalite.

Rekomendasi untuk beralih ke bahan bakar yang lebih sesuai sudah disuarakan oleh beberapa pabrikan.

Baca Juga:  Langkah Cerdas PKB Silaturahmi Politik ke Markas Partai Gerindra

Yamaha Indonesia, melalui General Manager Marketing and Public Relation-nya, Anton Widiantoro menegaskan, motor matic 150 cc terbaru mereka harus menggunakan Pertamax untuk pembakaran yang lebih sempurna.

“Ya pasti memang diwajibkan pakai Pertamax, sehingga pembakarannya akan sempurna, motor juga bisa melaju dengan sempurna,” ungkapnya, mengutip Popmama, Rabu 17 April 2024.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566