logo

,

Ketersediaan Air Bersih Jadi Prioritas Program Pemerintah Provinsi Jawa Barat

Air bersih juga
Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin menyampaikan tantangan Jabar ke depan adalah penyediaan air bersih bagi masyarakat. (dok humas jabar/Mediaseruni)

Bandung, MEDIASERUNI – Penyediaan air bersih menjadi tantangan serius yang harus dituntas Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, selain pengendalian banjir, irigasi pertanian dan pemerataan akses air minum bagi masyarakat.

Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, mengatakan itu, dalam sebuah talkshow pada peringatan Hari Air Dunia ke-32 di Aula Barat ITB, Jumat 22 Maret 2024. Bey menyoroti dampak signifikan perubahan iklim yang memperumit situasi tersebut.

Baca Juga:  Prabowo Gibran Dulang Suara di Lampung, Unggul Telak 65,93 Persen

“Perubahan iklim telah membawa dampak signifikan terhadap siklus hidrologi yang mengakibatkan pola hujan tidak teratur, kekeringan berkepanjangan, dan peningkatan intensitas bencana alam,” ucap Bey.

Bey mempertegas pentingnya langkah proaktif dalam menghadapi tantangan ini. Pemerintah Provinsi Jabar pun telah merespons dengan langkah strategis, fokus pada memperkuat infrastruktur air.

Bey menjelaskan bahwa prioritas utama mereka termasuk peningkatan akses air bersih, normalisasi DAS, rehabilitasi waduk, dan pengembangan sistem irigasi yang efisien.

Baca Juga:  Sinergitas Insan Pengayoman Kemenkumham Jabar Diapresiasi Ridwan Kamil

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566