Tahap Menengah 5-6 tahun
Teman imajiner menjadi lebih kompleks dan nyata bagi anak-anak. Mereka mungkin memiliki kepribadian, latar belakang, dan sifat unik. Anak-anak mulai menghabiskan lebih banyak waktu bermain dan berbicara dengan teman-teman imajiner ini.
Tahap Lanjut 7 tahun ke atas
Pada tahap ini, teman imajiner mulai menghilang saat anak-anak memasuki usia sekolah dan mulai mengembangkan hubungan sosial yang lebih nyata. Namun, beberapa anak mungkin masih mempertahankan teman imajiner mereka sebagai bagian dari permainan kreatif mereka.
Dari sudut pandang psikologi, memiliki teman imajiner bukanlah tanda adanya masalah mental atau emosional. Sebaliknya, ini adalah tanda dari kreativitas dan perkembangan kognitif yang sehat.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dengan teman imajiner seringkali lebih kreatif, memiliki keterampilan bahasa yang lebih baik, dan lebih mampu memahami perspektif orang lain. (Rijki/*)