Bekasi, MEDIASERUNI – Sebanyak 30 peserta UMKM naik kelas mengikuti pelatihan literasi digital usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Universitas Paramadina, Meikarta Distrik 2, Cikarang, Bekasi, Rabu 19 Juni 2024.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Karawang Dindin Rachmadhy mengucapkan terimakasih kepada peserta UMKM naik kelas yang sudah meluangkan waktunya mengikuti acara yang sangat berharga ini.

“Kalian orang-orang juara dari masing-masing grub pendamping dari 120 peserta, bearti masih ada 90 peserta lagi yang belum mendapatkan kesempatan yang sangat berharga ini untuk terus menambah ilmu,” kata Dindin.

Baca Juga:  BRI KC Bekasi Siliwangi Serahkan Hadiah Undian Simpedes Semester 2 Tahun 2023

Menurut Dindin, kegiatan ini sangatlah berarti untuk para pelaku UMKM agar lebih giat lagi dalam menjalankan profesinya untuk meningkatkan penjualan, baik secara offline atau online.

Sementara pemateri Mohammad Sajili MM lebih menyoroti tentang perkembangan dunia digital sekarang ini, termasuk eksistensi media sosial sebagai alat pemasaran paling efektif.

“Didunia digitalisasi sekarang ini, banyak hal dalam menyikapi persaingan bisnis, dan disinilah diajarkan cara-cara mengenal media sosial sebagai alat untuk mempromosikan usaha,” ucap Mohammad Sajili.

Mohammad menyebut, dari karakteristik media sosial, fungsi media sosial, tujuan media sosial serta dampak-dampak dari media sosial itu sendiri memiliki peran masing-masing dalam mendorong sistem pemasaran digital.

Baca Juga:  Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin Tinjau Korban Puting Beliung di Bogor

“Media sosial disaat sekarang ini benar-benar salah satu cara jitu paling ampuh dalam mempromosikan usaha bagi para pelaku UMKM, karena mudah dipelajari, ekonomis dan sudah jadi tren saat ini untuk semua generasi, baik Gen Z maupun Gen Milenia.

Selain paparan mengenai digital marketing, pemateri juga membuka peluang tanya jawab. Sehingga selain ilmu yang didapat, peserta juga mendapatkan solusi dari setiap permasalahannya. (Miroj/Mds)