logo

Menyesal Kalau Tidak Tahu, Ternyata Ini Manfaat Terbesar Madu Manuka

madu manuka
Ilustrasi Madu Manuka (foto Ist)

MEDIASERUNI – Siapa sangka, madu yang tersimpan rapi di lemari makan memiliki khasiat luar biasa. Madu Manuka, berasal dari bunga Leptospermum Scoparium di Selandia Baru dan Australia.

Madu ini telah lama diakui sebagai salah satu jenis madu dengan khasiat penyembuhan yang luar biasa, termasuk mempercepat penyembuhan luka.

Terkenal karena sifat antimikroba, anti-inflamasi, dan antioksidannya, madu manuka telah mendapatkan perhatian khusus dalam dunia perawatan kulit dan penyembuhan luka yang efektif.

Baca Juga:  Pegi Setiawan Keluar Penjara Pukul Sembilan Malam, Bilang Terima Kasih Langsung Pulang

Sejarah Madu Manuka
Madu Manuka dihasilkan oleh lebah yang menyerbuki bunga manuka. Madu ini dikenal karena kandungan methylglyoxal (MGO) yang tinggi, yang memberikan sifat antimikroba yang kuat.

MGO terbentuk dari dihydroxyacetone, yang terdapat dalam nektar bunga manuka. Semakin tinggi konsentrasi MGO, semakin kuat sifat antimikroba madu tersebut.

Selain itu, madu manuka juga mengandung enzim glukosa oksidase, yang membantu menghasilkan hidrogen peroksida, komponen antiseptik alami.

Baca Juga:  Pemdaprov Jabar Buka Seleksi Anggota Komisi Informasi 2024-2028

Salah satu penggunaan madu manuka yang paling terkenal adalah mempercepat penyembuhan luka. Penelitian menunjukkan bahwa madu manuka dapat mempercepat penyembuhan luka dengan merangsang regenerasi jaringan dan mengurangi infeksi.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566