logo

Saran Ini Mudah Dilakukan agar Tidak Dehidrasi saat Panas Ekstrem

panas ekstrem
foto ilustrasi AI

Karawang, MEDIASERUNI – Belakangan ini udara panas terasa tidak biasa. BMKG menyebut penyebabnya cuaca ekstrem, yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh karena sangat rawan menyebabkan dehidrasi.

Kunci untuk mencegah dehidrasi adalah dengan memperbanyak minum air putih. Pastikan tubuh mendapat asupan air putih yang cukup. Minum setidaknya delapan gelas atau 2 liter air per hari untuk orang dewasa.

Baca Juga:  Ini Nyata Terjadi, Warga di Negara Ini Bisa Dihukum Mati jika Nekat Rayakan Natal Ilegal

Dapat juga mencoba Gerakan Minum Air Putih Tanpa Menunggu Haus (Gerus). Upayakan untuk meminum tiga sampai empat liter air atau setara dengan 12 sampai 16 gelas per hari.

Gerakan ini dapat diterapkan dengan meminum satu gelas air sebelum dan sesudah salat, serta satu sampai dua gelas air sesudah makan.

Selain minum air, mengonsumsi makanan yang mengandung air tinggi juga membantu mencegah dehidrasi. Sayuran dan buah-buahan seperti semangka, melon, pir, atau apel adalah pilihan yang baik.

Baca Juga:  Keunikan Tari Jaipong: Energi, Ekspresi dan Budaya Jawa Barat Menyatu Dalam Kostum Mempesona

Namun perlu dihindari untuk minuman berkafein. Seperti teh dan kopi dapat membuat tubuh lebih mudah buang air kecil dan menyebabkan dehidrasi. Hindari juga minuman berenergi dan alkohol.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566