MEDIASERUNI – Anak-anak lebih mudah menerima iklan dan promosi daripada orang dewasa. Mereka cenderung menerima apa yang ditampilkan dalam iklan tanpa banyak pertimbangan.
Banyak faktor yang membuat anak-anak lebih gampang menerima promo ketimbang orang dewasa. Diantaranya, karena anak-anak belum memiliki keterampilan kritis yang matang untuk menilai iklan dengan bijaksana.
Biasanya anak-anak akan tertarik dengan produk-produk makan maupun minuman serta mainan. Produk-produk ini sering dikemas dengan cara yang menarik, sehingga memudahkan anak-anak untuk memgingatnya.
Dalam rangka mengurangi dampak negatif, penting bagi orang tua dan pendidik untuk mengajarkan anak-anak tentang kritisisme terhadap iklan, mengawasi waktu menonton televisi, dan membatasi paparan anak-anak terhadap iklan yang tidak sehat.
Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan anak-anak menerima promosi-promosi iklan lebih mudah ketimbang orang dewasa.
1. Pengaruh Media Televisi
Anak-anak menghabiskan banyak waktu menonton televisi, termasuk tayangan iklan. Rata-rata, anak-anak menghabiskan 3-3,5 jam per hari menonton televisi, termasuk satu jam tayangan iklan.