logo

Begini Cara Membedakan Es Batu Dari Air Matang dan Air Mentah

batu es
ilustrasi es batu.

MEDIASERUNI – Es batu adalah pelengkap yang sering disajikan bersama minuman dingin, dan kita ingin memastikan bahwa es batu yang kita gunakan aman dan bersih. Hal ini bisa diketahui dari kualitas air yang digunakan sebagai bahan pembuat esnya.

Di pasaran biasanya ada es batu yang dibuat dari air matang dan mentah. Es batu yang dibuat dari air matang umumnya dianggap lebih aman untuk digunakan karena air matang telah melalui proses sterilisasi yang membunuh bakteri dan mikroorganisme berbahaya.

Baca Juga:  Jam Operasional TPK Sarimukti Alami Penyesuaian Selama Ramadan

Sementara es batu yang dibuat dari air mentah berpotensi mengandung patogen dan dapat menyebabkan penyakit jika dikonsumsi. Lantas, bagaimana cara membedakan es batu yang dibuat dari air mentah dan air matang.

Es batu dari air mentah biasanya berwarna putih karena masih mengandung banyak gas di dalamnya. Es ini sering ditemukan dalam bentuk es balok, dan tidak sulit menghancurkannya karena rapuh.

Baca Juga:  Sambut Datangnya Ramadan Malam Ini Warga Karawang Pawai Obor

Es batu dari air matang akan terlihat bening seperti kristal, karena gas di dalamnya terlepas selama proses perebusan. Es batu ini akan sulit dihancurkan karena kekerasannya.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566