logo

Rahasia Dibalik Megahnya Keraton Kasepuhan Cirebon

keraton
Keraton Kasepuhan Cirebon.

MEDIASERUNI – Keraton Kasepuhan Cirebon, sebuah tempat yang tak hanya menjadi saksi sejarah panjang Cirebon, tetapi juga menjadi penjaga berbagai misteri yang menyelimuti dinding-dinding keraton.

Dengan arsitektur megahnya dan sejarah yang kaya, keraton ini menarik perhatian tidak hanya sejarawan, tetapi juga para pencari petunjuk akan rahasia yang tersimpan di balik dinding-dindingnya.

Baca Juga:  Anak Perempuan Tertua Cenderung Jadi Pemimpin Keluarga, Begini Penjelasannya

Keraton ini memiliki pesona budaya luar biasa, termasuk seni tari, arsitektur, upacara adat, dan tradisi kebudayaan yang masih ssngat kental dan dipegang teguh hingga saat ini.

Keraton Kasepuhan Cirebon didirikan pada tahun 1529 dan digunakan sebagai tempat tinggal sultan dan keluarganya, sekaligus sebagai pusat pemerintahan, serta pusat adat tradisi kebudayaan.

Kompleks Keraton Kasepuhan menghadap ke utara dan dikelilingi oleh kuta kosod (susunan bata merah). Keunikan terkenal dari bangunan ini adalah hasil perpaduan antara kebudayaan Islam dengan Hindu-Buddha.

Baca Juga:  Bupati Nina Agustina Serahkan SK ASN PPPK Guru

Di dalam kompleks Keraton Kasepuhan terdapat beberapa bangunan, termasuk Masjid Agung Cipta Rasa, Siti Inggil, dan alun-alun. Tentu saja memiliki cerita dan keunikan tradisi masing-masing.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566