logo

,

Wapres Amin Resmikan Bendungan Cipanas, Bupati Nina: 6000 Ha Sawah Indramayu Teraliri Air

IMG-20240709-WA0114
Wapres Ma’ruf Amin foto bersama Bupati Nina Agustina usai meresmikan bendungan Cipanas di Sumedang. (Tintus/Mediaseruni)

Indramayu, MEDIASERUNI – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Prof. DR. (HC) K.H. Ma’ruf Amin, meresmikan Bendungan Cipanas, di Desa Cibuluh Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Mengawali sambutannya, KH. Ma’ruf Amin menekankan peran strategis bendungan dalam mendukung kehidupan manusia dan perekonomian yang tidak hanya berfungsi sebagai sumber air baku, tetapi juga mendukung ketahanan pangan dan energi.

Baca Juga:  Pemilih Non DPT Boleh Nyoblos dengan KTP-el 1 Jam Sebelum Bilik Suara Tutup

“Bendungan ini akan menyediakan berbagai fungsi pemenuhan kebutuhan masyarakat mulai dari sumber irigasi pertanian, sumber air baku, pengendali banjir, dan pembangkit listrik,” ujar Wapres, Selasa 9 Juli 2024.

Selain itu, sambung Wapres, bendungan ini akan membantu meningkatkan intensitas tanam dan produktivitas lahan pertanian di daerah ini. Bendungan ini juga berpotensi untuk dijadikan daerah wisata baru.

Baca Juga:  Ketua KPU Karawang Laporkan Dugaan Pemalsuan SK KPU

Wapres mencatat, pengembangan destinasi wisata di sekitar Bendungan Cipanas akan membawa dampak positif terhadap perekonomian lokal.

“Pastikan pemanfaatan Bendungan Cipanas dirasakan sebesar-besarnya oleh masyarakat di wilayah Kabupaten Sumedang, Indramayu, dan sekitarnya, khususnya dalam dukungan produktivitas pertanian, industri, dan pemenuhan air bersih serta mengurangi dampak banjir,” tegasnya.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566