logo

,

Tato Suku Dayak Cermin Perjalanan Spiritual dan Status Sosial

ilustrasi tato suku dayak
Ilustrasi poto suku dayak (Rijki/MDS)

Karawang, MEDIASERUNI – Tato Suku Dayak bukan sekadar hiasan tubuh, tetapi juga memiliki makna mendalam yang mencerminkan nilai-nilai budaya, religi dan sejarah bagi masyarakat suku dayak.

Setiap motif tato yang diukir pada tubuh mereka membawa arti yang berbeda-beda, menjadikannya bagian tak terpisahkan dari identitas suku. Seni tato ini tidak hanya memperindah tubuh, tetapi juga menandai perjalanan spiritual, status sosial, dan penghormatan terhadap kemampuan individu.

Baca Juga:  Heboh Curanmor Beraksi Lebaran kedua di Lemahabang Wadas

Tato Sebagai Simbol Religius dan Spiritual
Bagi masyarakat Suku Dayak, tato memiliki makna religius yang penting. Tato dianggap sebagai obor atau penerang jalan menuju keabadian setelah proses kematian.

Keyakinan ini menunjukkan bahwa tato bukan hanya dekorasi fisik tetapi juga sarana spiritual yang membantu dalam perjalanan ke alam baka. Menurut kepercayaan mereka, tato berwarna hitam yang terdapat pada tubuh perlahan akan berubah menjadi warna emas seiring waktu.

Baca Juga:  Iyos Somantri: Jadikan Momentum Kelahiran Pancasila Memperkuat Nasionalisme dan Patriotisme

Transformasi ini dianggap sebagai tanda pencapaian spiritual dan keberhasilan dalam perjalanannya. Tato juga berfungsi sebagai penanda status sosial dalam masyarakat Dayak.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566